Selasa, 21 Oktober 2008

teori prilaku api dan kebakaran




TEORI API DAN KEBAKARAN

Pada materi penyuluhan ini kami dari Kantor Pemadam kebakaran Kota Tangerang bermaksud meberikan teori prilaku api dan kebakaran yang bertujuan :

Tujuan umum : - setelah selasai mengikuti penyuluhan ini peserta diharapkan mampu memahami api dan kebakaran.
Tujuan Khusus :
· Menjelaskan pengertian api dan kebakaran
· Menyebutakan dan menjelaskan tentang unsur-unsur api serta pemadamannya dan proses terjadinya api
· Menyebutkan dan menjelaskan klasifikasi kelas kebakaran
· Menyebutkan tahapan-tahapan pengembangan api/kebakaran
· Menyebutkan dan menjelaskan penyebab kebakaran

PENGERTIAN API DAN KEBAKARAN

Didalam buku yang berjudul “ESSENTIALS OF FIRE FIGHTING” api adalah suatu reaksi rantai kimia yang dikenal sebagai pemabakaran, sementara didalam buku manual pelatihan pemadam kebakaran karangan “DAVID T. GOLD” pengertiannya diperkuat lagi dengan mengatakan bahwa Api atau pembakaran adalah suatu proses oksidasi cepat yang umumnya menghasilkan panas dan nyala. Dari kedua pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa api adalah hasil akhir dari reaksi kimiawi pembakaran yang berunsurkan bahan bakar,oksigen dan panas.

Kebakaran adalah suatu peristiwa dimana suatu material terbakar oleh api/reaksi pembakaran yang tidak terkendali dan menimbulkan kerugian materi/nyawa manusia. Atau kebakaran juga dapat diartikan api yang tidak terkendali atau tidak dikehendaki serta merugikan. Jadi dapat disimpulkan juga bahwa suatu reaksi berantai yang menghasilkan energy panas yang cukup untuk disebarkan kepada bahan bakar lainnya yang menjadi ikut terbakar.

Disini api tidak dilihat dari besar atau kecilnya api tersebut, jika memang api itu kecil akan tetapi tidak terkendali serta merugikan maka itu juga dapat di golongkan kebakaran. Dan semantara itu jika api tersebut besar namun itu dikehendaki dan dapat dikendalikan maka ini tidak dapat digolongkan dalam kebakaran. Contohnya seperti api yang ada ditempat peleburan baja di Krakatau steel Cilegon.









UNSUR-UNSUR API, PROSES TERJADINYA dan CARA PEMADAMANNYA

Seperti pada pengertian api diatas bahwa api terdiri dari beberapa unsur yaitu bahan bakar(fuel), oksigen (oxygen) dan panas (heat), ini biasanya digambarkan dalam bentuk segitiga api (triangle of fire).

dari gambar ini dapat kita lihat bahwa proses terjadinya api bila bahan bakar terkena atau menerima sejumlah panas yang cukup besar hingga terjadi penyalaan atau penyulutan awal.





PANAS

Suatu bentuk energy atau daya yang dapat dihasilkan dari : Reaksi Kimia, kerja mekanik, Dekomposisi bahan organic oleh jasad renik dan radiasi matahari. Sumber-sumber panas juga terdapat pada bunga api listrik, api terbuka, gesekan, benturan, busur api las, listrik statis, factor alam dan lain-lain. Panas dapat berpindah-pindah dengan beberapa cara yaitu :

KONDUKSI yaitu perpindahan panas oleh aktifitas molekul dalam suatu material, tergantung konduktivitas thermal material atau panas yang dipindahkan dari satu ruang ke ruang yang lain memlalui bahan penghantar panas. Cara ini terbagi dua yaitu konduksi vertical dan konduksi horizontal, biasanya kalau pada bangunan bahan penghantar panasnya yaitu dari besi atau baja pada kontruksi;

KONVEKSI yaitu perpindahan panas oleh sirkulasi media, biasanya udara atau liquid atau kontak nyala api langsung

RADIASI yaitu perpindahan panas secara langsung dan linier seperti cahaya matahari atau gelombang panas yang bergerak melalui daerah yang terbakar menuju permukaan benda-benda dihadapanya.

Energy panas tidak dapat diukur secara langsung. Suhunya hanya mengukur derajat panas suatu benda, bukan jumlah panas didalam benda tersebut. Pemadamannya dapat dilakukan dengan memindahkan panas atau meniadakan sumber panas yang biasa disebut pendinginan.









OKSIGEN

Suatu gas yang berasal dari udara sekeliling yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu proses pembakaran, didalam udara bebas mengandung kurang lebih 21% Oksigen. Pada kadar oksigen 21% manusia dapat hidup normal begitu pula terhadap api yang akan semakin membesar. Pada kadar oksigen 18% api masih dapat menyala walau agak mengecil, akan tetapi pada posisi ini manusia sudah dalam keadaan pingsan atau lemas. Pada kadar oksigen 15% api sudah padam, sementara pada posisi ini manusia sudah tidak dapat hidup atau gagal pernafasan. Maka dapat disimpulkan bahwa api dapat hidup jika minimal kadar osigen yang ada di udara 16%. Pemadamannya dapat dilakukan dengan memindahkan unsur oksigen melalui pembatasan pasokan udara yang biasa disebut “penutupan atau Pengisolasian”

BAHAN BAKAR

Adalah setiap bahan atau benda yang dapat terbakar; bahan bakar terbagi menjadi tiga jenis yaitu :
Padat diantaranya kayu, kertas, karet, plastic, majun, kapas dan lain-lain;
Cair diantaranya bensin, solar, minyak tanah, oli, gemuk, spirtus, tiner dan lain-lain;
Gas diantaranya LPG, LNG, karbit dan lain-lain

Proses pemadamannya dapat dilakukan dengan memindahkan unsure bahan bakar melalui pembatasan jumlah bahan bakar yang biasa disebut “Pembatasan Bahan atau memindahkan bahan bakar”


JENIS ATAU KLASIFIKASI KEBAKARAN

Kebakaran dibagi menjadi beberapa jenis atau kelas berdasarkan dari jenis bahan bakarnya yang terbakar yaitu ;

Kebakaran kelas A adalah kebakaran bahan biasa atau padat kecuali logam yang mudah terbakar seperti kertas, kayu, pakaian, karet, plastik dan lain-lain. Jika terjadi kebakaran kelas A maka dapat digunakan metode pemadaman dengan cara :

· Pendinginan dengan air
· Pemadaman dengan air atau busa kelas A.










Kebakaran kelas B adalah kebakaran bahan cairan dan gas yang mudah terbakar seperti minyak, bensin, solar, gas LPG, LNG dan lain-lain. Jika terjadi kebakaran kelas B maka metode pemadaman yang dapat digunakan adalah :
· Penutupan atau pelapisan atau penyelimutan
· Pemindahan bahan bakar
· Penurunan temperature.

Kebakaran kelas C adalah kebakaran yang diakibatakan dari kebocoran listrik, konsleting termasuk peralatan bertenaga listrik. Jika terjadi kebakaran kelas C metode pemadaman yang dapat digunakan adalah :
· Pemadaman menggunakan bahan yang non konduksi listrik
· Putuskan arus listrik dan padamkan seperti pemadaman kebakaran kelas A atau kelas B.

Kebakaran kelas D kebakaran ini sangat jarang terjadi dan biasanya terjadi pada logam seperti seng, magnesium, serbuk alumunium dan lain-lain. Jika terjadi maka metode pemadamannya adalah :
· Pelapisan atau penyelimutan dengan bahan pemadam khusus terutama bubuk kering tertentu.

TAHAP PENGEMBANGAN API

Kebakaran pada ruang tertutup memiliki karakteristik seperti terbatasnya jumlah oksigen dan gas hasil kebakaran terjebak dan berkumpul didalam satu ruangan. Tingkat kerusakan kebakaran ditentukan oleh jumlah material yang terbakar dan kecepatan bakarnya serta jumlah dari bahan mudah terbakar (combustible material) dalam suatu lingkungan dan dalam bangunan normal ini biasanya yang disebut dengan beban kebakaran (fire load).

Tahap awal
· Pada tahap ini kebakaran dini yang dimulai oleh terjadinya penyalaan;
· Kebakaran terbatas hanya pada benda yang tersulut atau penyalaan;
· Asap dan gas hasil pembakaran mulai dihasilkan dan terkumpul dilangit-langit ruangan;
· Perubahan dari tahap ini ketahap selanjutnya akan terjadi Rollover.

Pada tahap awal temperature ruangan sedikit diatas 38 derjat celcius, gas panas mulai naik dan udara ruangan berkisar 20% oksigen.

Rollover adalah suatu keadaan dimana uap yang sangat panas menyala dan kobaran muka api atau lidah api melintasi langit-langit.







Tahap kebakaran mantap
· Pada tahap ini penyalaan bebas oksigen dan bahan bakar didalam bangunan atau ruangan tersedia dalam jumlah yang cukup, sehingga api dapat menyala bebas dan membakar seluruh ruangan;
· Dan terjadilah flashover, ini adalah kejadian dimana seisi ruangan memiliki titik nyala yang hamper sama dan akan menyala bersamaan.
Pada tahap kebakaran mantap temperature ruangan berkisar 700 derajat celcius, panas berkumpul pada bagian atas ruangan, suplai oksigen tinggi dan keterlibatan api penuh.

Flashover dapat juga disebut penyalaan simultan terhadap semua benda yang mudah menyala didalam ruangan dan tingkat panas yang tinggi dari lantai hingga langit-langit.

Tahap panas menyurut atau mengecil
· Pada tahap ini api menurun secara perlahan karena menipisnya atau dipindahkanya persediaan bahan bakar atau oksigen;
· Apabila tersedia bahan bakar baru akan membuat tahap pengembangan awal yang kedua (api menyala kembali).
Pada tahap panas menyurut atau mengecil temperature ruangan terus meninggi, tingkat karbon monoksida dan karbon tinggi dan diruangan atau didalam asap sangat tebal serta oksigen dibawah 15%. Pada keadaan ini jika ada kesempatan udara masuk maka akan terjadi backdraft. Backdraft adalah masuknya oksigen menyebabkan kobaran api disertai ledakan dan api kembali ketahap awal dan mantap.


PENYEBAB API ATAU KEBAKARAN

Api atau kebakaran dapat disebabkan oleh dua factor yaitu :
1. Faktor tidak disengaja penyebab kebakarannya tidak melibatkan tindakan manusia secara sengaja untuk membakar atau memperluas kebakaran.
Contoh. Seseorang yang membuang puntung rokok ketempat sampah tanpa dimatikan terlebih dahulu dan ternyata didalam tong sampah tersebut ada bahan seperti tisu yang kemudian terbakar dan akhirnya terjadilah kebakaran. Atau peristiwa alam seperti sinar matahari, letusan gunung berapi dan sebagainya.

2. Faktor disengaja adalah kebakaran yang diatur secara sengaja didalam kondisi atau keadaan tertentu dimana orang tersebut mengetahui bahwa api tidak boleh dinyalakan. Atau juga prilaku sengaja membakar untuk menadapatkan keuntungan seperti sabotase, menghilangkan jejak, klaim asuransi dan lain-lain, ini biasanya disebut ARSON FIRE. Tanda-tandanya biasanya adanya pemicu, penghuni yang cidera dan sebagainya.







TIPS MENGHINDARI TERJADINYA KEBAKARAN

Ø Jangan membuang punting rokok yang masih menyala kekotak sampah yang berisi kertas-kertas atau barang lain yang mudah terbakar.
Ø Tidak menumpuk barang-barang pada ruang tangga atau koridor yang dapat menghalangi jalur saran jalan keluar jika terjadi kebakaran.
Ø Tidak menumpuk barang-barang yang sudah tidak berguna dalam gedung karena menambah resiko bahaya kebakaran yang tidak perlu.
Ø Menjaga kotak panel listrik dalam keadaan bersih dan merapikan sambungan kabel yang sifatnya sementara menjadi permanen dengan cara mengisolasi sambungan.
Ø Pada saat meninggalkan ruangan tidak membiarkan peralatan listrik seperti : computer, cd player, lampu meja, dll menyala atau tetap tertancap pada saklar listrik.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT TERJADI KEBAKARAN

Jangan panik tetap tenang dan tabah;
Berani bertindak dengan penuh perhitungan;
Perhatikan jenis benda yang terbakar;
Gunakan alat atau bahan pemadam disekitar tempat kebakaran seperti pasir, karung goni basah, APAR DLL.

TIPS MENANGANI KEBAKARAN PADA PERANGKAT LISTRIK

ü Matikan sakelar pemutus arus listrik
ü Putuskan aliran listrik melalui panel MCB atau Sikring
ü Bila memungkinkan padamkan dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan bahan pemadam yang sesuai.
ü Namun jika kebakaran cukup besar atau makin membesar segera hubungi Kantor Pemadam Kebakaran di NOMOR 021-558 2144 dan PLN.

4 komentar:

matairkreasi mengatakan...

bagus untuk menambah pengetahuan

Author AnakKaTiga mengatakan...

daftar referensi please

Ilmu dan wawasan mengatakan...

Tulisan_a bgus salam safety

Unknown mengatakan...

The King Casino
The king 바카라 casino in Oklahoma offers a wide variety of games. poormansguidetocasinogambling The casino offers novcasino several communitykhabar slots, poker, https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ blackjack, and live games to choose from. We will also